6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini yang Harus Ayah dan Bunda Ketahui

pict cr by https://mediakom.kemkes.go.id/

Pernahkah bunda melihat anak-anak sedang sibuk memasukkan sesuatu ke mulutnya tanpa berpikir? Atau ingin ikut mencoba makanan apa yang kita makan? Peristiwa ini pasti pernah dilewati oleh Ayah dan Bunda yang saat ini memiliki si kecil usia 0-6 tahun. Pada usia tersebut, anak memasuki masa golden age atau masa keemasan, dimana pada masa ini sel-sel otak anak sedang berkembang dengan sangat pesat. Nah, peran Ayah dan Bunda sangat dibutuhkan untuk memberikan stimulasi atau rangsangan pada anak agar perkembangan nya dapat terbantu secara optimal. Contohnya dengan memberikan kegiatan-kegiatan tertentu sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak.

Namun, mungkin Ayah dan Bunda masih terdengar asing dengan kata aspek perkembangan. Sebenarnya, apa saja sih aspek perkembangan pada anak? Apa saja yang harus diperhatikan? Yuk simak poin-poin nya dibawah ini

  • Agama dan moral

Nilai-nilai agama dan moral menjadi yang aspek pertama yang harus ayah dan bunda kembangkan pada anak. Karena pada aspek ini, nilai-nilai kehidupan dan norma sosial harus ditanamkan oleh orang tua sedari dini. Seperti memberikan pemahaman perilaku baik dan buruk, konsep beragama serta perilaku toleransi terhadap agama lain.

  • Kognitif

Kognitif berkaitan dengan kemampuan bernalar dan berpikir. Ayah dan Bunda dapat menstimulasi nya dengan memberikan permainan-permainan aktif yang mengajak anak untuk berpikir, seperti bermain puzzle, lego ataupun teka-teki dan maze. Permainan-permainan tersebut dapat melatih anak untuk berpikir kritis dan melatih untuk memecahkan sebuah masalah, yang mana kemampuan ini akan berguna nantinya ketika anak beranjak dewasa.

  • Fisik-Motorik

Fisik-Motorik berkaitan dengan kemampuan anggota gerak tubuh. Pertumbuhan fisik dapat Ayah dan Bunda lihat pada bertambahnya berat badan, tinggi badan serta lingkar kepala anak. Pada perkembangan motorik sendiri, terdapat motorik kasar dan motorik halus. Dimana motorik kasar berkaitan dengan kemampuan koordinasi tubuh, keseimbangan dan kelincahan. Sedangkan motorik kasar, berkaitan dengan koordinasi gerak tangan dan mata, seperti memegang pensil, menggunakan gunting dan membuat tanah liat.

  • Sosial Emosional

Aspek ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, seperti lingkungan keluarga atau lingkungan sekolah jika anak sudah mulai sekolah. Selain itu, aspek ini berkaitan juga dengan kemampuan anak untuk memahami perasaan nya sendiri, mengendalikan emosi nya, menghargai orang lain dan bertanggung jawab atas perilakunya sendiri.

  • Bahasa

Bahasa menjadi salah satu aspek perkembangan yang harus diperhatikan Ayah dan Bunda, karena manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, bukan? Menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa lain pada anak, menjadi keputusan Ayah dan Bunda. Yang harus Ayah dan Bunda perhatikan adalah stimulasi awal agar anak mulai aktif berkomunikasi dua arah dengan lingkungan nya. Seperti sering membacakan buku, melakukan tanya jawab atau mengajak mereka untuk bercerita.

  • Seni

Aspek seni berkaitan dengan proses kreatifitas anak. Setiap anak terlahir dengan kreatifitas dan imajinasinya masing-masing. Anak dapat bereksplorasi melalui berbagai karya yang disukai nya. Ayah dan bunda dapat mendampingi dan memberi arahan pada anak untuk menyalurkan ide-ide kreatif nya sesuai dengan minat mereka.

Keenam aspek diatas sangat penting untuk diperhatikan oleh Ayah dan Bunda. Karena pada setiap usia, anak memiliki tahap perkembangan nya masing-masing yang membutuhkan stimulasi atau rangsangan dari lingkungan terdekat anak atau orang tua nya. Ketika Ayah dan Bunda memberikan stimulasi yang tepat pada anak, maka nantinya anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Ayah dan Bunda dapat memperluas ilmu tumbuh kembang anak melalui sumber informasi lain nya yang terpercaya. Ayah dan Bunda juga dapat berkonsultasi pada dokter tumbuh kembang anak untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan nya.

2 responses to “6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini yang Harus Ayah dan Bunda Ketahui”

  1. Informatif sekali, terimakasih sudah menuliskannya:)

    Like

  2. Informatif sekali, terimakasih sudah menuliskannya:)

    Like

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started